Articles


Pelatihan Sertifikasi SIO Pesawat Angkat dan Angkut di PT Kirana Musi Persada

Alat berat adalah segala macam peralatan/pesawat mekanis termasuk attachment & implementnya baik yang bergerak dengan tenaga sendiri (self-propelled) atau ditarik (towed-type) maupun yang diam ditempat (stationer) dan mempunyai daya lebih dari satu kilo-watt, yang dipakai untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan kontruksi pertambangan, industri umum, pertanian/kehutanan dan/atau bidang-bidang pekerjaan lainnya, sepanjang tidak merupakan alat processing langsung. Dalam pengoperasian alat berat banyak hal dan aspek yang harus diperhatikan, mulai dari ketrampilan dan skill operator, prosedur pengoperasian alat, aspek keselamatan kerja (K3) dan aspek perawatan dan troubleshooting. Alat berat ini merupakan peralatan teknik yang mengandung resiko bahaya tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja bilamana tidak ditangani secara baik dan benar.

 

 

Seorang operator berwenang untuk mengoperasikan pesawat/alat angkat dan angkut jika sudah memiliki lisensi K3. Operator yang ahli dan profesional merupakan kunci utama untuk pengoperasian forklift yang selamat dan efisien. Berdasarkan Permenaker No. Per.05/MEN/1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut, Pasal 4 mengatur setiap pesawat angkat dan angkut harus dilayani oleh operator yang mempunyai kemampuan dan telah memiliki keterampilan khusus tentang Pesawat Angkat dan Angkut. Untuk itu, pelatihan bagi operator crane/forklift merupakan suatu keharusan untuk memastikan bahwa operator tersebut sudah memiliki keahlian dan keterampilan dalam mengoperasikan alat dengan selamat dan profesional sehingga tidak menimbulkan kecelakaan dan kerugian berupa cidera pada diri mereka sendiri dan orang lain, ataupun merusak peralatan serta material.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Selatan Drs H Koimudin SH membuka Pelatihan Operator Pesawat Angkat dan Angkut jenis Forklift Kelas II yang diselenggarakan oleh Kirana Megatara Group yang diikuti oleh 25 peserta perwakilan dari pabrik masing-masing KM Group (PT Kirana Utama, PT Kirana Windu, PT Pantja Surya dan lain-lain) via zoom yang dilaksanakan pada tanggal 24  s/d 27 September 2023. Untuk PT KMP Sendiri mengikutsertakan sebanyak 3 orang peserta yaitu Hendri Taqwa (SIO Forklift), Danil Kurnia (SIO Forklift), dan Taufik Hidayat (SIO Forklift).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para operator dalam mengoperasikan Forklift/Loader sehingga mencegah/mengurangi kecelakaan kerja, serta untuk memenuhi kewajiban pengusaha, yang mana harus mempekerjakan operator yang memiliki SIO (Surat Izin Operator) sesuai Permenaker No. 8 Tahun 2020 tentang Pesawat Angkat dan Angkut.

Sejalan dengan tujuan pelatihan tersebut Bapak Kardiono (Pemateri) menyampaikan harapannya kepada para peserta pelatihan. "Diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan penuh disiplin, agar semakin memantapkan kemampuan dan pemahaman terhadap pengoperasian pesawat angkat dan angkut secara aman, ujarnya".

Sampai akhir acara, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tertib, serta para peserta training terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri. Adapun setelah dilakukannya ujian tertulis dan praktek (pengoreksian video Pengoperasian alat berat yang dikirim ke vendor), dan alhamdullah peserta dari KMP tanpa mengalami kesulitan dalam melakukan ujian dan dinyatakan oleh lulus semua.