Articles


Uji Emisi Alat Berat di PT Kirana Musi Persada

Uji emisi adalah salah satu upaya pengujian untuk mengetahui kinerja mesin yang terdeteksi oleh monitor khusus. Upaya ini dilakukan untuk mengetahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin. Pengujian ini memiliki ketentuan khusus bagi beberapa jenis kendaraan untuk lulus sesuai dengan kriterianya. Untuk itu, PT Kirana Musi Persada melakukan uji emisi khusus alat berat pada tanggal 2 Mei 2024. Adapun uji emisi ini memberikan dampak positif di beberapa aspek, Salah satunya adalah lingkungan. Melalui proses ini akan diketahui kadar buangan dari hasil pembakaran mesin yang akan berpengaruh pada lingkungan.

Jika kadar buangan mesin memiliki jumlah yang melebihi batas maksimal, berarti kendaraan tersebut sedang dalam kondisi tidak beres. Dalam hal ini, uji emisi juga bermanfaat untuk mengetahui ukuran kesehatan mesin kendaraan agar bisa mencegah kerusakan kendaraan, menjaga kesehatan lingkungan dari polusi udara, dan tentunya hal ini wajib dilakukan sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang kendaraan bermotor lama.

“Alhamdulillah seluruh kendaraan alat berat di PT KMP semuanya lulus uji emisi. Kelulusan uji emisi ini pun sejatinya memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan kendaraan itu sendiri. Melalui proses ini beberapa poin penting terkait dengan kondisi kendaraan dapat diketahui. Seperti halnya kondisi injektor, kadar gas buang mesin, hingga kadar sisa gas buang dari knalpot” Ujar Atta Batul Ghulam (mekanik alat berat).